IMPLEMENTASI MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI MTs ROUDLOTUL KHUFFADZ KABUPATEN SORONG

Authors

  • Ahmad Syafii Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Author

Keywords:

Model Pembinaan, Kedisiplinan Beribadah

Abstract

Pendidikan di madrasah sarat akan pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa, khususnya salat lima waktu. Meski demikian, masih menyisakan siswa yang tidak menjalankannya. Riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi impelementasi model pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan ceklis dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui prosedur pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa yang diterapkan ialah model keteladanan (uswah), pendidikan (al-tarbiyah), pembiasaan (al-ta’dib), dan hukuman (garamah), 2) faktor pendukung ialah sistem pembelajaran pondok pesantren, lingkungan yang religius, sarana dan prasarana, dan absen salat berjamaah. Adapun faktor yang penghambatnya kurangnya tenaga pendidik (SDM) dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya ibadah karena karakter bawaan dari rumah, dan 3) menambah tenaga pendidik serta bersosialisasi dengan orang tua/wali siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M. (1376). Tafsir Al-Manar. Dar Al-Fikr.

Abdulwaly, C. (2019). 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusi Mengatasinya. Farha Pustaka.

Agama, K. (2004). Al-Jumanat al-’Ali: Al-Qur’an dan Terjemahnya. J-Art.

Al-Zuhaili, W. (2018). Tafsir Al-Munir. Gema Insani.

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 125–164. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136

Alfiah, M. A., N., R., & Rahanyamtel, M. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Akhlak Karimah Anak pada Era Digital di Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat. Jurnal Studi Islam, 11(12), 172–192. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/JSI/article/view/3912/1459

Amiyah, F., & Subiyantoro, H. (2020). Membangun Budaya Religius Siswa Melalui Kegiatan Sekolah di Lingkungan SMA Sunan Ampel. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 346–357. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/insp.v17i2.1814

Andis, A. S. (2021). Implikasi Salat Berjamaah Sebagai Kontrol Sosial Kehiudpan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. QISTHOSIA: Jurnal Syariah Dan Hukum, 2(2), 68–85. https://doi.org/https://doi.org/10.46870/jhki.v2i2.127

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Basyaruddin, M. A., & Khoiruddin, M. A. (2020). Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–10.

Dawud, A. (2001). Sunan Abu Dawud. Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Errohmah, F. W., & Wahyudi, K. (2021). Upaya Melestarikan Budaya Religius Melalui Pembiasaan Berdoa Dan Membaca Asmaul Husna Bersama Sebelum Pembelajaran di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 166–177.

Fatikah, N., & Wahyuni, E. L. (2023). Penanaman Kedisiplinan Siswa Melalui Shalat Dhuha di MTs Negeri 11 Jombang. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 144–157. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/827

Fitri, A., Wismanto, Nursikin, M., Mashuri, & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786

Hakim, L. (2017). Integrated Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 227–255. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.334

Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 154–169. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.70

Hidayat, R., Agustin, R. D., Fitriyah, L. A., & Rahman, N. (2024). Manajemen Layanan Asrama MAN 2 Jember: Studi Kasus Peran Kepala Asrama dalam Pengelolaan Layanan Asrama. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(1), 223–237.

Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah dan Praktiknya dalam Masyarakat. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2505

Jamil, A. (2023). Upaya Guru Tahfizh dalam Meningkatkan Pencapaian Hafalan Alquran Santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. AT-TAISIR: Journal of Indonesian Tafsir Studies, 4(2), 12–19.

Karjanto, Y. (2019). Signifikasi Shalat Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 2(1), 36–48.

Kautsar, L., Inayat, N. L., Maksum, M. N. R., & Mustofa, T. A. (2023). Penerapan Program Boarding School dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik SMPIP Al-Madinah Cepogo. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 317–324. http://journal.stitmadani.ac.id/index.php/JPI/article/view/243

Khairi. (2022). Pembiasaan Shalat Berjama’ah dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Mu’arif Al-Mubarok Kecamatan Patrang Kabupaten Jember [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/9380/

Majid, Z. A., Hakim, M. I., & Zaini, M. (2022). Pendidikan Sistem Asrama Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Daya Intelektual Siswa Kelas XII. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 285–300. https://doi.org/https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i2.95

Massika, S. (2022). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di TK Aisyiah Labuhan Ratu Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/22848/

Mualif, A. (2023). Analisis Korelasi Antara Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Mendidik. JEDCHEM: Journal Education and Chemistry, 5(1), 6–19. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/2797

Nelliraharti, Fajri, R., & Fitriliana. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital. Journal of Education Science, 9(1), 46–54. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/2883/1508

Nisak, D., Afda’u, F., & Nursikin., M. (2024). Implementasi Model Evaluasi CIPP Pelaksanaan Sholat Dhuha dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 1 Gubug. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 696–702. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23041

Nurdin. (2023). Implementasi Budaya Religius Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Santri Di Madrasah Aliyah Al-Mubarak DDI Tobarakka. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19–41. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5579

Pasma, R. (2022). Pembinaan Kedisplinan Beribadah Anak di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 412–419. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.200

Pitri, N. A., Jasmienti, J., Alimir, A., & Nurhasnah, N. (2023). Strategi Pembina Asrama Menanamkan Kedisiplinan Siswa Dalam Shalat Berjamaah di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Siti Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(4), 220–227. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.557

Rahmania, S., & Bakar, M. Y. A. (2023). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Naquib Al-Attas. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 129–144. https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/article/view/3085

Rokhmah, D. (2021). Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 105–116. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-14

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana.

Sakir, M., & Syafi’i, A. (2024). Peranan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah dalam Mempererat Kesatuan Bangsa. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(1), 54–69. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i1.1176

Siyono. (2023). Internalisasi Nilai Humanis di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/111435/

Sriwahyuni, E. (2022). Peranan Pondok Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter Anak Didik di Zaman Globalisasi. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 2(1), 12–18. https://journal.idrisiyyah.ac.id/index.php/hikamia/article/view/8

Sugiarti, S., Utami, R. W., Sari, E. A., & Nurlatifah. (2022). Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah pada Peserta Didik di MI Pui Kertaraharja. Konferensi Nasional Studi Islam (KONASI), 544–551. https://conference.kopertais02.or.id/index.php/konasi/article/view/73

Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (2020). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 24–36.

Supardi, S. (2012). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Pinus Book Publisher.

Susanti, E. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Kampung Melayu Kota Bengkulu [Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9292/

Syafi’i, A., Haddade, H., & Munir, M. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Darasa Patappulo Seddi pada Majelis Qurra’ Wal Huffadz As’adiyah di Masjid Jami’ Sengkang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 89–110. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.9338

Syafi’i, A. S. (2024). Qur’anic Parenting sebagai Solusi Solutif Degradasi Moral Anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11169

Syarif, I. I., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan Beribadah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kutawaluya Karawang. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 413–424. https://doi.org/https://doi.org/10.31102/alulum.10.4.2023.413-424

Tantowi, A. (2009). Pendidikan Islam di Era Transformasi global. Pustaka Rizki Putra.

Yulianti, R. (2022). Analisis Motivasi Orang Tua Memilih Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus SMP Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu) [Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10388/

Downloads

Published

16-07-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI MTs ROUDLOTUL KHUFFADZ KABUPATEN SORONG. (2024). Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif , 2(1), 55-75. https://saibumi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/31