DEEP LEARNING PADA PEMBELAJARAN “ENGKONG BANJIT”
BEST PRACTICE DARI P5RA MIN 2 BANJIT, WAY KANAN
Keywords:
deep learning, keripik singkong, agronomi, nilai lokal, pendidikan holistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis praktik dengan pendekatan deep learning melalui proyek pembuatan keripik singkong "Engkong Banjit" di MIN 2 Way Kanan. Proyek ini mengintegrasikan berbagai aspek multidisipliner, termasuk agronomi, teknologi, ekonomi, sejarah budaya, dan seni, dalam upaya membangun kompetensi holistik siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung terhadap 25 siswa kelas V yang berpartisipasi aktif. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam pembuatan keripik singkong, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila seperti gotong royong, kreatif, dan berkebinekaan global, serta nilai-nilai keagamaan seperti kesyukuran kepada Allah SWT dan etika berniaga. Proyek ini berhasil menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan aplikatif, mendorong siswa untuk memahami potensi lokal singkong sebagai komoditas pangan dan peluang ekonomi. Kesimpulannya, "Engkong Banjit" menjadi model pembelajaran berbasis praktik yang inspiratif dan dapat diadaptasi untuk berbagai konteks pendidikan lainnya.
Downloads
References
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Idris Apandi. (2018). Teknik Menulis “Best Practice” bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/idrisapan di/5ac5c1eacbe5230e1d5c0132/tekn ikmenulis-best-practice-bagi-pendidik-dantenaga-kependidikan?page=all.
J. W. Creswell. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.
M. M. Bahgat. (2018). FIRST Framework, 5 Domains 15 Principles: Design & Facilitate Active Deep Learner eXperience. CreateSpace Independent Publishing Platform. https://www.amazon.com/FIRST-Framework-Domains-Principles-Facilitate/dp/1984934260
Nurhuda, H., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions. 127–137.
Paul Ramsden. (1992). Learning to Teach in Higher Education (1992). https://philpapers.org/asearch.pl?pub=3348
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono
Sulaiman, & Natawidjaja, R. S. (2018). ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI KERIPIK SINGKONG (Studi Kasus Sentra Produksi Keripik Singkong Pedas di Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi). 6.
Sulusi, P., Richana, N., & Suismono. (2011). Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan dan Diversifikasi Pangan. Jurnal Agroinovasi, 4(29), 1–5. www.litbang.deptan.go.id
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.
Zainuddin. Tayong, S.N., 2023. Inovasi Pengolahan Pangan Lokal Berbahan Umbi dan Limbah Kulit Singkong. Jurnal Kolaboratif Sains
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




